[Review] Cine Us

on Jumat, 20 Maret 2015


 
Judul : Cine Us
Nama Penulis : Evi Sri Rezeki
Penyunting : Dellafirayama
Penyelaras Aksara : Novia Fajriani, @kaguralian
Penata Aksara : Nurul M Janna
Perancang Sampul : Fahmi Ilmansyah
Penggambar Ilustrasi Isi : Anisa Meilasyari
Penerbit : Noura Books
Tanggal Terbit : Agustus 2013
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-7816-56-5

“Di dunia ini, ada dua hal yang pantas diperjuangkan. Impian dan cinta. Namun melelahkan sekali kalau kita hanya mengejar pengakuan dari orang lain. Kebanggaan itu berasal dari diri sendiri.” (hlm. 281)

Berbeda dengan kemarin saat saya baca Love Puzzle milik kak Eva, sekarang saya baca Cine Us milik kembarannya, yaitu kak Evi. Wahh..kakak-kakak kembar ini hebat ya. Bisa buat novel sendiri-sendiri.

Well, Cine Us bercerita tentang gadis bernama Lena, yang terobesesi atau memiliki impian menjadi seorang sineas. Bersama kedua sahabatnya, Dania dan Dion, ia membentuk sebuah Klub Film yang dinamai Movie Club. Namun, klub yang ia dirikan ini sepi peminat di sekolahnya. Berbagai usaha mulai dari membagikan pamflet dalam acara pemutaran film, pembagian DVD gratis telah ia lakukan untuk menarik minat teman-temannya. Namun tak ada satupun yang ikut. Perjuangannya dalam mengembangkan Klub Film itu membuahkan hasil ketika ia bisa merekrut 7 siswa kelas X untuk menjadi anggota Klub.

Namun bukan sukses namanya kalau tidak ada cobaan. Berbagai cobaan sudah sangat dirasakan oleh Klub Film ini. Mulai dari film mereka yang dikritik jelek, Festival Film Remaja yang dijadikan taruhan, sampai kejadian mengejutkan yang membuat saya sendiri terngaga.
Konfliknya semakin terasa saat dalam Festival Film Remaja itu Lena ditantang oleh mantan pacarnya, Adit, untuk memenangkan dua kompetisi sekaligus.

“Sehebat apapun seorang movie maker, dia pasti pernah dikritik. Coba kalian pikir, film mana yang lolos kritikan ? Sutradara sebesar apapun pernah mendapat kritikan. Karena itulah, mereka bisa menjadi besar.” (hlm. 110)

Di tengah gempuran kegelisahan yang melanda dirinya ia bertemu dengan cowok misterius yang menyukai animasi. Cowok itu ia namai sebagai anak hantu karena sering muncul tanpa diundang dan pergi begitu saja. Ia sampai harus kena hukuman karena mencoba mencari data dari cowok itu. Namun keberuntungan malah datang padanya. Ia bisa bertemu dengan cowok misterius itu di tengah kesialannya. Bahkan Lena berusaha memaksa cowok misterius itu untuk masuk dalam Klub Film. Cowok misterius bernama Rizki yang bersikap ringan, kocak dan terkadang norak, tanpa memperlihatkan beban yang ia punya.

Banyak sekali informasi atau istilah-istilah dalam pembuatan film pendek yang saya dapat dari buku ini, tentang storyboard, timeline, budgeting, skenario, dll yang berhubungan dengan pembuatan film pendek. Juga saya bisa merasakan emosi yang memuncak saat berbagai cobaan terus saja menyerang Lena dan kawan-kawannya dalam meraih mimpi.

Selain menceritakan kegiatan seputar Klub Film, novel ini juga menceritakan aktivitas siswa pada umumnya. Tentang susahnya mengerjakan ujian, dan juga peliknya kisah cinta remaja.

“Bukankah orang sering kali bersikap tolol ketika berhadapan dengan perasaan ?” (hlm. 119)

Sempat menyayangkan karena kisah romansanya kurang kuat. But, no problem, itu nggak jadi masalah sekarang. Karena apa ? Karena buku ini memang banyak memusatkan isi ceritanya tentang mimpi. Mimpi Lena dan kawan-kawannya.

Melalui novel ini saya belajar tentang banyak hal. Kepercayaan, kekuatan, perjuangan, kebersamaan, kehilangan dan juga tentang mimpi-mimpi yang harus kita perjuangkan dan wujudkan selama kita punya niat. Melalui tokoh Lena, saya kembali bisa merasakan semangat untuk meraih cita-cita dan mimpi saya. Bahwa tidak ada usaha dan pengorbanan yang sia-sia. Senang rasanya berpetualang mengejar mimpi bersama gadis bernama Lena yang tidak pantang menyerah ini.

Ada satu lagi kata yang berhasil membuat saya merenung, begini bunyinya :

“Setinggi apa pun impianmu, kamu hanya butuh percaya. Seperti aku mempercayai impianku. Sertakan orang-orang yang kau cintai dalam impianmu. Karena mereka adalah sumber kekuatan bagimu. Satu hal lagi, Tuhan bersama kita yang berjuang.” (hlm. 280)




2 komentar: