[Review] Honeymoon Destinations – 21 Tujuan Wisata Romantis di Indonesia

on Sabtu, 09 Mei 2015



Judul : Honeymoon Destinations – 21 Tujuan Wisata Romantis di Indonesia
Nama Penulis : Judith Hutapea
Desain Cover : Felix Rubenta
Layout Isi : Trinity
Editor : Herlina P. Dewi
Penerbit : Stiletto Book
Tanggal Terbit : Juni 2011
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-960260-2-3
Rating : 3 dari 5 bintang

Rasanya tak dapat dipungkiri kalau honeymoon ataupun wisata romantis merupakan salah satu senjata ampuh untuk mengembalikan passion dalam sebuah hubungan. Dan dalam buku Honeymoon Destinations – 21 Tujuan Wisata Romantis di Indonesia, kalian akan diajak jalan-jalan oleh penulisnya untuk memilih salah satu tujuan honeymoon yang anda impikan.

Berencana untuk honeymoon di daerah pegunungan? Mengapa tak mencoba Kota Wisata Batu yang ada di Kota Malang-Jawa Timur. Terletak sekitar 15 km sebelah barat kota Malang-Jawa Timur ini sering disebut sebagai De Kleine Switzerland (Swiss Kecil di Pulau Jawa) oleh orang Belanda.

Atau ingin honeymoon dengan menikmati sunrise yang romantis ? Bromo adalah pilihan yang tepat. Anda dan pasangan mempunyai hobby menyelam? Bunaken, Derawan, Banda Naira, Karimunjawa, Kelimutu, Pulau Bangka, Pulau Belitung, Raja Ampat, Sanur, Kuta dan Senggigi adalah tempat yang bisa anda masukkan dalam list tempat honeymoon anda.

Bosan dengan pantai atau ingin sesuatu yang berbeda? Anda bisa memasukkan dataran tinggi Dieng dalam list anda. Negeri di atas awan, begitulah orang menamai Dieng ini, anda dapat menikmati suasana dingin yang romantis bermandikan cahaya matahari yang berwarna keemasan dan keperakan. Fenomena alam yang sangat mengagumkan, terlebih jika anda melihatnya dari atas candi.

Buku ini cukup lengkap untuk menjadi buku panduan honeymoon. Namun, menurut saya pribadi, buku ini bisa juga digunakan untuk orang-orang yang suka travelling. Hmm…kenapa bisa begitu? Informasi mengenai hal-hal semacam lokasi, transportasi, list hotel, oleh-oleh khas sampai aneka tips dijabarkan oleh penulis. Cukup lengkap bukan?

Tapi anehnya, kebanyakan destinasi wisata yang dihadirkan oleh penulis adalah pantai. Memang “Surga Bawah Laut” di Indonesia menjadi spot penyelaman impian dan incaran banyak penyelam. Apalagi mata kita bisa menikmati keindahan karang-karang di bawah laut, ya, airnya yang jernih dan terang seperti kaca seakan berfungsi ‘memamerkan’ keindahan di dalamnya. Bicara soal pantai, saya juga merekomandasikan Pulau Ora di Maluku dan Pantai Harlem.

Pulau Ora sendiri kini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi terutama kalangan anak muda. Pulau Ora dikelilingi oleh keindahan warna hijau dan biru laut. Sementara air lautnya begitu jernih hingga keindahan taman bawah lautnya bisa dinikmati dengan mata. Mungkin, kalau bisa travelling ke sana, kegiatan yang bisa lakukan adalah berjemur di atas pasir putihnya yang lembut, snorkeling hingga ke beberapa titik atau diving. Bisa juga sekedar makan siang di Pulau Losalau yang tak berpenghuni. Lalu sembari mencari titik-titik tepat untuk menikmati taman bawah lautnya, mampir ke air terjun Belanda yang memiliki air tawar yang begitu dingin serta ke tebing Ora yang legendaris.

Sementara, Pantai Harlem disebut sebagai Surga kecil di Jayapura. Namun, di Harlem ini belum ada penginapan dan restoran, oleh sebab itu pengunjung diharapkan menyiapkan bekal sebelum ke Harlem :D

Melakukan perjalanan honeymoon tidak perlu jauh-jauh sampai keluar negeri kalau di negeri sendiri saja ada begitu banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, yang tak kalah indah dari destinasi wisata di luar negeri. Itung-itung kita belajar mengenal Indonesia melalui destinasi wisata dan keindahannya, juga mempelajari budaya di setiap daerahnya. So, have a romantic trip, ya!

0 komentar:

Posting Komentar