[Review] Cinta Adelia

on Selasa, 08 September 2015


Judul : Cinta Adelia
Nama Penulis : Ajeng
Penerbit : Cahaya Atma Pustaka
ISBN : 978-602-7821-35-4
Rating : 2,7 dari 5 bintang

Adelia dan Andre yang sama-sama single menjadi dekat karena sebuah kejadian. Namun, hubungan mereka terusik saat mantan kekasih mereka kembali hadir. Mitha, mantan kekasih Andre, ingin Andre kembali padanya. Sedangkan Robby, mantan kekasih Adelia, tiba-tiba muncul lagi setelah dua tahun berlalu sejak insiden itu—dimana kehormatan Adelia nyaris terenggut. Beruntung, Adelia memiliki Dody, sepupunya yang sangat perhatian dan sayang padanya.

Di saat Adelia sedang gundah dengan Robby yang menghubunginya lagi dan serba salah dengan sikap Mitha yang terang-terangan memusuhinya, Andre malah menyatakan cinta padanya.

Entah karena tidak peduli atau takut, Adelia masih saja ragu-ragu akan perasaannya sendiri meskipun ia merasa senang dengan pengakuan Andre.

Lalu berapa lama Andre harus menunggu Adelia menjawabnya?
Ia—Adelia ingin berdamai dengan dirinya sendiri terlebih dulu sebelum memberikan keputusan—apalagi kehadiran Robby menimbulkan tanda tanya baginya; apa yang diinginkan Robby darinya—sekarang.
Akankah perasaan Andre pada Adelia berbalas? Apakah Andre berhasil mendapatkan cinta Adelia?
***

“Karena menyembuhkan luka hati itu tidak semudah menyembuhkan luka fisik. Saking sulitnya, pada kasus tertentu, kadang hanya waktu yang bisa membantu kita menyembuhkannya. Tapi, waktu yang kita perlukan itu, bisa sebentar saja atau bahkan sangat lama. Tergantung seberapa besar kesabaran dan kepercayaan yang kita miliki saat hati kita terluka, karena itu yang akan membuat waktu yang kita perlukan terasa lama atau sebentar.” –hlm. 7

Adalah Adelia Safitri Rosalina. Gadis yang belum bisa move on, melupakan serta melepaskan masa lalunya. Dan ternyata, waktu 2 tahun pun tak dapat membuatnya melupakan kejadian itu begitu saja. Kejadian yang melibatkan mantan kekasihnya, Robby Wijaya. Beruntungnya, ada Andre—sahabat kuliahnya dan Dody—sepupunya, yang mendampingi dirinya disaat sang mantan muncul secara tiba-tiba. Namun, disisi lain, Andre juga dihantui dengan kedatangan mantan kekasihnya, Mitha. Yang menginginkan dirinya kembali.

“Kamu boleh saja jatuh dan terluka berkali-kali, tapi yakinlah kamu akan bangkit lagi.” –hlm. 135


***
Cerita berawal dari sebuah kejadian yang membuat Adelia dan Andre semakin dekat. Tentang bagaimana mereka berdua berperang melawan masa lalu yang sama-sama kelamnya. Cerita bergulir menggunakan sudut pandang orang ketiga. Gaya bahasanya yang ditampikan juga cukup bagus. Ide ceritanya sebenarnya keren, tentang seorang gadis yang belum bisa move on dari masa lalunya, yang masih dihantui bayang-bayang masa lalunya. Namun saya merasa cara penulis mengeksekusi ide cerita yang brilian ini terasa kurang. Cara pengemasannya menurut saya umum saja.

Saya tahu betul perasaan Adelia saat cinta menyapa, dia memilih berpaling atau ragu-ragu karena takut bertemu luka. Dan anehnya, saya nggak dapat feel yang kuat ketika Adelia tengah mengalami konflik batin dengan kehadiran Robby dalam hidupnya lagi. Karakter Adelia yang masih dibayang-bayangi masa lalunya tidak terlalu terasa. But, saya suka sekali bagaimana cara penulis menyajikan isi dari cerita. Scene-scene sweet mewarnai novel ini. Bagaimana cara Andre menyatakan rasa sukanya pada Adelia bikin saya senyum-senyum sendiri. Kehadiran Dody serta Mitha membuat cerita dalam novel ini lebih bervariasi dan tidak berpusat pada konflik tokoh utama saja. Book blurb dari novel ini menurut saya terlalu spoiler jadi saya sendiri juga agak bingung tadi mau membahas tentang isi dari cerita karena book blurb-nya sendiri sudah mewakili keseluruhan cerita.

Oh ya, banyak sekali quotes-quotes keren di novel ini yang ngena banget di hati. Buat kamu pemburu quotes dalam novel dan pecinta novel romance, rekomandasi banget buat baca novel ini.

0 komentar:

Posting Komentar